Pasangan yang Hidup Bersama Sebelum Nikah

Pasangan yang Hidup Bersama Sebelum Nikah Lebih Jarang Berhubungan Seks

Pasangan yang Hidup Bersama Sebelum Nikah Lebih Jarang Berhubungan Seks – Sekarang ini banyak pasangan yang hidup bersama sebelum nikah. Lebih banyak pasangan yang memilih untuk menguji hubungan sebelum resmi menikah. Mereka memilih meninggalkan tradisi masa lalu dengan hidup bersama sebelum menjalani rumahtangga yang sesungguhnya. Sementara beberapa ahli hubungan memuji tren itu sebagai langkah sehat sebelum menikah.

Baca Juga: Kiat Makin Mesra dengan Pasangan Setelah Kehadiran Anak

Namun, hasil studi justru memperlihatkan hal yang cukup mencengangkan, hidup bersama sebelum menikah tidak berdampak baik untuk kehidupan seks Anda.

Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam The Journal of Sex Research menemukan bahwa pasangan pria dan wanita yang hidup bersama sebelum menikah ternyata memiliki lebih sedikit berhubungan seks pada tahun pertama pernikahan.

Lalu, tingkat kepuasan seksual mereka terbilang jadi lebih rendah secara keseluruhan daripada mereka yang tidak. Para peneliti juga menemukan bahwa jika pasangan yang langgeng menikah selama lebih kurang 4 tahun, mereka tidak memiliki masalah seksual.

Baca Juga: Perceraian Banyak Terjadi di Bulan Januari

Pasangan yang tinggal bersama melakukan lebih sedikit seks pada tahun pertama pernikahan dibandingkan dengan mereka yang tidak hidup bersama.

Penelitian yang terdiri dari 113 pasangan pria dan wanita melacak tingkat kepuasan seksual selama empat tahun pertama pernikahan dan melihat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kehidupan seks pasangan, seperti hidup bersama dan memiliki anak sebelum menikah. Rata-rata pasangan berusia 20-an dan berasal dari  latar belakang ras dan etnis yang berbeda-beda.

Selain menemukan bahwa pasangan yang hidup bersama sebelum pernikahan melaporkan melakukan hubungan seks lebih sedikit dan kualitasnya lebih rendah, data juga menemukan bahwa kencan untuk jangka waktu yang cenderung lama, biasanya satu tahun atau lebih, dikaitkan dengan lebih sedikit hubungan seks di tahun pertama pernikahan.

Baca Juga: Bumi Pernah Dilanda Badai Matahari 2.600 Tahun Silam

Memiliki anak sebelum menikah, bagaimanapun, tidak memiliki dampak negatif yang signifikan pada kehidupan seks pasangan di tahun pertama pernikahan mereka. Dampak negatif dari hidup bersama sebelum menikah sebenarnya bisa hilang.

Perbedaan frekuensi seks antara orang yang berkencan lebih lama atau lebih singkat menghilang setelah empat tahun menikah. Dan untuk pasangan yang memiliki anak sebelum menikah, tahun keempat pernikahan menandai waktu ketika mereka mulai berhubungan seks lebih sering daripada mereka yang tidak memiliki anak sebelum menikah.

Menurut penulis penelitian, studi lebih lanjut perlu dilakukan untuk lebih memahami bagaimana hubungan seksual pasangan berubah dalam beberapa tahun pertama pernikahan, dan bagaimana perubahan ini dapat menyebabkan pasangan berpisah atau bercerai.

Baca Juga: Apakah Generasi Boomer Masih Relevan?

Menurunnya jumlah hubungan seks tak hanya terjadi pada pasangan yang telah hidup bersama sebelum pernikahan.

Sebuah studi oleh London School of Hygiene dan Tropical Medicine yang mensurvei 34.000 orang di Inggris mengungkapkan aktivitas seksual telah menurun dari tahun 2001 hingga 2012 dengan penurunan paling tajam di antara usia di atas 25 tahun, entah mereka yang menikah atau tinggal bersama.

Baca Juga: Karyawan Habiskan Rp30 Juta Setahun untuk Pengeluaran Foya-foya

Terungkap bahwa kurang dari setengah pria dan wanita berhubungan seks setidaknya sekali seminggu, dan lebih dari 29% mengatakan mereka tidak melakukan hubungan seks dalam sebulan terakhir.

Alasannya? Peneliti hanya bisa berspekulasi.

Namun, Profesor Kaye Wellings dan tim yang melakukan penelitian menunjuk pada pengenalan iPhone pada 2007 dan resesi global pada 2008 sebagai dua peristiwa yang bisa jadi signifikan.

Baca Juga: Peneliti Beberkan Keunggulan Punya Anak Perempuan

Kesibukan dan ambisi mengejar karier, menurut peneliti, merupakan pemicu yang membuat banyak pasangan muda tidak memikirkan menjalin hubungan asmara, terutama pernikahan.

Alhasil, tak sedikit negara yang mengalami krisis generasi muda dan jumlah kelahiran bayi dari tahun ke tahun. Kondisi tentu mengkhawatirkan mengingat setiap negara membutuhkan regenerasi untuk pertumbuhan di masa depan.

Itulah penjelasan mengapa pasangan yang hidup bersama sebelum nikah lebih jarang berhubungan seks. Nah, setelah itu Anda juga dapat bermain slot online dengan mudah di waktu luang Anda.